TEATER TARI PERDAMAIAN UNTUK PERINGATAN 3 TAHUN MoU HELSINKI

Berita Peringatan 3 Tahun Perdamaian

Dan Pementasan Teater Tari Perdamaian SHE LAGEE


Teater tari tentang perdamaian berjudul She Lagee menjadi acara utama pada Malam Renungan Perdamaian di kota Meulaboh pada tanggal 14 Agustus 2008. Pada acara yang sama diadakan Ikrar Perdamaian yang melibatkan berbagai stakeholders perdamaian di Aceh Barat untuk meneguhkan komitmen bersama meneruskan proses perdamaian yang telah dimulai.

Sekitar 500 undangan dari unsur Pemerintah dan masyarakat sipil hadir dalam kegiatan dalam rangka Peringatan 3 tahun Perdamaian ini.

She Lagee (secara harafiah berarti gaya geser-bergeser; maknanya bergeser untuk berbagi tempat dengan orang lain) merupakan teater tari kontemporer yang dipersembahkan oleh masyarakat dari 20 desa di Aceh Barat dan dari kota Meulaboh yang bergabung dalam Komunitas Seni Damee Meulaboh (KSDM). Teater yang sama dipentaskan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta tanggal 7-9 Juli lalu sebagai bagian dari promosi perdamaian Aceh.

SUNSPIRIT dan KSDM yang menyelenggarakan acara ini berharap bahwa para Pemerintah Indonesia, TNI/POLRI dan unsur Gerakan Aceh Merdeka yang sekarang menjadi Komite Peralihan Aceh (KPA), serta seluruh rakyat Aceh, lebih konsisten dalam menjalankan butir-butir kesepakatan damai di Helsinki.

Tahun depan proses perdamaian akan menghadapi tantangan serius dan sekaligus peluang besar dalam proses Pemilu. Kami berharap bahwa berbagai kelompok politik mampu menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi politik nir-kekerasan (non-violence politic). Dalam spirit She Lagee, ruang politik mesti diisi dengan gaya geser yang memberi tempat bagi orang lain, dan bukannya menduduki tempat yang menjadi hak orang.

Kedutaan Swiss untuk Indonesia yang mendukung pementasan teater perdamaian ini secara khusus mengucapkan selamat kepada Pemerintah Republik Indonesia dan Rakyat Aceh atas kesuskesan implementasi MoU Helskinki dan keberlanjutannya menuju masa depan.

Meulaboh, 14 Agustus 2008


Kindly Supported by

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: