“SAKINAH” Masuk Meulaboh

Pengembangan kapasitas perempuan adalah upaya meningkatkan kemampuan kelompok agar mampu mengambil bagian secara aktif dalam perubahan dan perkembangan pembangunan.

Proses perubahan tersebut dilandasi oleh dua hal penting yakni adanya kemandirian dan partisipasi. Kemandirian yang dimaksud adalah secara material dan manajemen, sedangkan partisipasi lebih sebagai suatu kesanggupan untuk membuka diri dan mau bekerja sama dengan orang atau kelompok lain dalam menemukan potensi, persoalan, peluang, dan memutuskan tindakan yang akan diambil.

Berangkat dari spirit dasar di atas kelompok jaringan perempuan antar gampong ’SAKINAH’ di 6 desa di Kecamatan Bubon yakni Alue bakung, Gunong panah, Semuling, Kuala Pling, Sineabuk Trap, Peulanteu SP dan 4 desa di Kecamatan Woyla yakni Cot Murung, Cot Lagan, Suak Trieng, Glee Siblah, perlahan-lahan hadir memberikan hasil yang nyata. Satu hal yang menonjol adalah produk industri rumah tangga yang dikelolah dan dikembangkan oleh jaringan perempuan tersebut. Sebab terhitung sejak Desember 2007 aneka produk penganan atau makanan kecil dan kasap perlahan-lahan menunjukkan tingkat produktivitasnya serta mampu melebarkan pasarannya sampai kota Meulaboh. Di bawah label nama SAKINAH produk-produk itu ingin hadir memberi warna tersendiri dalam pengembangan kemandirian ekonomi komunitas.

Aneka produk yang dikembangkan di 10 desa, yakni antara lain jahe instan, bakso, keripik buah, kripik umbi, keripik kentang, keripik singkong, kacang asin, krupuk tepung, donat, peyek bayam, gili-gili, pakpong, karah, tape ubi, kue bawang, kacang intip, telor asin, dan mihun. Sebagian besar produk-produk ini di pasarkan di warung atau kedai yang tersebar di desa-desa, sekolah-sekolah, dan pasar terdekat seperti Layung dan Kuala Bhee.

Semetara itu untuk produk tertentu seperti dodol, kripik buah, kripik kentang kelompok jaringan SAKINAH melebarkan sayap pasarnya sampai ke ibu kota kabupaten, Meulaboh. Ada 4 mini market yang sudah menjadi link tetap yakni Andre, Sejahtera, Toko Restu, dan Toko Jasa Karya, sementara itu ada juga 3 toko kecil di sekitar terminal, dan 4 warung penjualan buah-buahan yang menjadi tempat langganan pemasaran di Meulaboh.

Ada pula sekelompok permepuan yang mengontrak dan bahkan membangun kedai di desa masing-masing sebagai pusat produksi sekaligus pemasaran. Desa Cot Murong misalnya, mempunyai tempat produksi dan penjualan produk di tepi jalan Meulaboh-Calang. Aneka makanan kecil produk jaringan dapat dijumpai di sana. Hal serupa diikuti desa lain yang saat ini sedang menyiapkan bahan dan peralatan untuk membangun tempat penjualan seperti Desa Glee Siblah, Seuneubok Trap dan Kuala Pling.

Selain produk penganan atau makanan kecil di atas kelompok jaringan permpuan SAKINAH juga mengembangkan produk kasap yang terdiri atas sulam-menyulam jilbab, taplak, korden, tudung saji, sarung bantal, dan sarung kipas angin. Sebagian besar kelompok menyulam telah memulai kegiatan ini sejak Desember 2007 tetapi jumlah dan kualitas barang masih terbatas karena masih dalam proses pendampingan dan belajar. Kecuali 2 desa Cot Murong dan Cot Lagan yang lebih memilih mengembangkan produk lokal Sulam Kasap dan Tudung Saji, 8 desa lain masih memilih mengembangkan payet jilbab dan sulam pita.

Namun demikian, dalam keterbatasannya baik secara material maupun manajerial jaringan kelompok perempuan SAKINAH telah menunjukkan sisi pastisipatif, kerja sama, komitmen dan konsistensi dalam mengembangkan wadah tersebut sebagai sarana pengembangan diri. Produk Industri Rumah Tangga yang dikembangkannya kendatipun bukan merupakan sebuah ukuran keberhasilan, tetapi telah meletakkan dasar tentang spirit untuk mengembangkan kapasitasi perempuan. (GG)

1 Comment (+add yours?)

  1. keripik buah
    Mar 17, 2009 @ 23:33:37

    salam kenal… klo ada yg mau tau info pembuatan ato mesin produksi keripik buah bisa dilihat di http://www.situsmesin.com/berita

    makasih

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: