JARINGAN PETANI ORGANIK BUBON WOYLA

Tidak kurang dari 86 orang, laki-laki dan perempuan, tua dan muda, memenuhi ruang musyawarah di Training Centre Saree Tabina, Glee Siblah, Kecamatan Woyla, Aceh Barat pada tanggal 12 Desember 2007. Para petani di 10 Desa dalam Kecamatan Bubon dan Woyla berkumpul untuk pembentukan jaringan petani organik antar desa.

Pertemuan tersebut dibuka dengan diskusi tentang pentingnya membangun jaringan petani sebagai bagian dari usaha membangun kemandirian. Dua pokok pikiran mengemuka dalam diskusi tersebut. Pertama, jaringan ini dapat menjadi wadah bagi petani untuk saling membantu, terutama dalam hal modal dan pemasaran produk pertanian. Diharapkan pengurus jaringan dapat menangani pemasaran hasil setiap anggota dan membantu anggota yang kekurangan modal.

Kedua, jaringan dapat menjadi tempat bagi anggota untuk belajar meningkatkan kemampuan, baik dalam tekhnik usaha maupun dalam hal manajemen. Jaringan ini dapat menyuarakan kepentingan petani ketika berhadapan dengan berbagai pihak, seperti pemerintah dan LSM.. Selain itu, dengan bantuan lembaga pendamping, jaringan ini dapat mengatur pelatihan-pelatihan dan pendampingan bagi anggota di bidang pertanian organik.

Semangat anggota untuk terbentuknya jaringan ini tampak antara lain dalam kesediaan untuk mengumpulkan modal awal secara mandiri. Walaupun jumlahnya tidak besar, yakni Rp. 10.000 per orang, pengumpulan modal ini membuktikan adanya semangat pemberdayaan diri dan kemandirian dari awal terbentuknya jaringan.

Dalam pertemuan tersebut, semua anggota mengadakan pemilihan pengurus jaringan. Lewat sebuah proses yang demoktratis, terpilih empat orang anggota pengurus yang akan memimpin jaringan ini. Mereka adalah Abdul Jabat, Hatta, Hamdani, dan Arifin.

Selain pengurus, para peserta pertemuan juga menetapkan Dewan Pengawas, yang terdiri dari para ketua kelompok tani dari 10 desa yang didampingi SUNSPIRIT. Pengawas ini bertugas mengontrol pelaksanaan mandat oleh pengurus dan memberikan rekomendasi bagi program jaringan.

Dalam sambutan pengukuhannya, Abdul Jabat mewakili pengurus terpilih, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari anggota. Abdul Jabat juga meminta dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh anggota agar jaringan ini dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi semua anggota.

Salah satu program jaringan ini yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah program penanaman karet okulasi untuk masing-masing anggota. Jaringan petani akan mengorganisir pengadaan bibit dan mengatur pelatihan. Setiap anggota mesti terlibat sejak awal untuk persiapan benih hingga penanaman karet masing-masing..

SUNSPIRIT sebagai lembaga pendamping berharap bahwa jaringan ini dapat memaksimalkan usaha pemberdayaan petani di daerah ini. Target yang dikejar bukan hanya peningkatan pendapatan, melainkan juga peningkatan keterampilan dan kemampuan manajemen diri maupun kelompok dari para petani.

Suksesnya kegiatan pendampingan tidak tergantung pada seberapa besar dana yang dihabiskan, melainkan pada proses pemberdayaan diri yang sungguh melibatkan komunitas dampingan. Dengan keyakinan itu, SUNSPIRIT berkomitmen untuk terus mendampingi kegiatan jaringan petani organik di Bubon dan Woyla ini.

Kita semua berharap bahwa tim pengurus dan tim pengawas jaringan petani organik ini menjalankan tugas mereka dengan baik. Hanya para petani sendirilah yang mampu menolong diri mereka sendiri untuk mencapai peningkatan kesejahteraan. Selain itu, kita tetap mengharapkan kinerja Pemerintah, terutama Dinas Pertanian, untuk mengembangkan program yang sesuai dengan kebutuhan dan rencana para petani.(GG)

1 Comment (+add yours?)

  1. hary ono
    Aug 27, 2008 @ 09:09:43

    damai selalu

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: