Jak…Damee Tajaga

 

S

ituasi Aceh pasca penandatanganan MoU Helsinki 15 Agustus 2006 sungguh berbeda dengan sebelumnya. Sekarang ke mana pun kita pergi, selalu bisa kita temukan ungkapan-ungkapan yang intinya adalah Aceh Sudah Damai, atau jak…damee tajaga. Tapi benarkah Aceh bisa sungguh-sungguh damai hanya karena secarik kertas yang bernama MoU Helsinki?

 

      Kita sering lupa bahwa perdamaian adalah suatu keadaan yang harus diperjuangkan dan kemudian dipelihara. MoU Helsinki hanya melahirkan benih perdamaian. Apakah benih itu akan tumbuh, berkembang dan berbuah atau mati tetap sebagai benih sungguh tergantung pada bagaimana kita merawat dan memeliharanya. Situasi dan kondisi keamanan di Aceh akhir-akhir ini membuktikan bahwa kelalaian dalam menjaga dan memelihara perdamaian dapat membuat perdamaian yang baru lahir ini hancur seketika.

      Singkatnya bahwa perdamaian Aceh belum tuntas. Mewujudkan perdamian yang sesungguhnya untuk Aceh aeutuhnya membutuhkan waktu yang panjang. Lantaran itu suara-suara perdamaian terus dikumandangkan.         Dalam ragam cara, bentuk dan gaya visi mewujudkan aceh damai dikumandangkan dengan tak henti-hentinya. Damee mandum, mungkin tepat untuk tidak sekedar himbauan belaka, tetapi merupakan sebuah visi bersama untuk semua demi Aceh ke depan. lantaran itu suara-suara perdamaian harus tetap lantang dikumandangankan. (Red/GG)

 

    

  Kita membaca dalam media cetak, mendengar lewat radio dan bahkan menonton di layar televisi seruan itu terus dikumandangkan dengan tak henti-hentinya dalam aneka cara, ragam dan bentuk.

      Rangkaian kegiatan semisal pemberdayaan perempuan di level komunitas melalui pendidikan transformasi perempuan, penguatan kader perdamaian di gampong-gampong, pelatihan penguatan kapasitas aparat pemerintahan gampong, penerapan kurikulum pendidikan perdamaian dan keadilan di sekolah-sekolah, sampai pementasan seni damee sebetulnya merupakan cara dan ragam bagaimana menyuarakan perdamaian itu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: