Perempuan Bukan Objek Yang Harus Diremehkan

Jumat 6 Juni 2008 di Pusat Pemberdayaan Gunung Panah telah diadakan Pertemuan pendidikan transformasi perempuan dengan tema ‘peran dan posisi perempuan dalam perspektif  sosial dan agama’. Pertemuan yang dihadiri oleh anggota jaringan perempuan SAKINAH dari 10 desa se-kecamatan Bubon dan Woyla merupakan pertemuan yang pertama dari enam kali pertemuan yang diagendakan/dijadwalkan.

Pertemuan tersebut diawali dengan kata pembukaan yang menyampaikan perihal maksud dan tujuan kegiatan juga alasan mengapa kegiatan ini dilaksanakan. Secara garis besar dijelaskan bahwa tujuan diadakannya pertemuan tersebut adalah untuk memberikan animasi/penyadaran kepada kaum perempuan perihal pentingnya posisi dan peran mereka dalam masyarakat (ruang publik). Alasannya adalah karena baik laki-laki maupun perempuan memiliki harkat dan martabat yang sama. Perempuan bukan objek yang harus diremehkan atau dinomorduakan.

Untuk mengantar peserta menggali tema ini secara lebih jauh, melalui materi pertama  fasilitator mengajak peserta untuk menuliskan pada  kertas plano ciri-ciri perempuan dan ciri-ciri laki-laki. Kemudian ciri-ciri tersebut ditukarkan. Ciri-ciri pada perempuan diletakkan pada laki-laki demikian juga sebaliknya. Sebagian besar ditemukan kesamaan peran dan posisi (misalnya: bertanggung jawab, kasar, lembut), walaupun secara fisik-biologis tidak sama (perempuan: melahirkan, sedangkan laki-laki: berkumis).

Lantaran itu dari perspektif sosial dijelaskan bahwa perempuan dalam ruang publik memiliki posisi dan peran yang sama dengan laki-laki. Jenis kelamin biologis sudah barang tentu tidak dapat diubah karena sudah melekat sejak lahir dan merupakan bagian dari kodrat. Sementara jenis kelamin sosial yang berkaitan dengan konsep, pandangan tentang laki-laki dan perempuan, yang mengacu pada peran dan tanggung jawab, sebagai akibat dari keadaan sosial dan budaya masyarakat, untuk Belajar tentang apa yang pantas dan tidak pantas dari lingkungan sesuai dengan jenis kelaminnya, merupakan sesuatu yang berubah dan perlu dicermati dengan jeli.

Dari perspektif inilah sebenarnya posisi dan peran perempuan dalam mayarakat pantas untuk dihargai dan dijunjung. Ketidaksanggupan untuk melihat ini secara jernih, membuat kita terjebak/jatuh pada pandangan klasik perihal perempuan, yang mana beranggapan bahwa perempuan itu lemah dan tidak berdaya. Inilah yang disebut sebagai bias gender, karena merupakan buah dari pemikiran/konsep/pandangan yang memperlakukan jenis kelamin tertentu namun belum sesuai dengan yang sesungguhnya. Misalnya:  perempuan lemah, laki-laki kuat. Namun pada kenyataannya tidak   semuanya perempuan lemah, dan tidak semuanya laki-laki kuat.

Sementara itu dari perspektif agama Islam. Agama Islam tidak melarang perempuan berkarir. Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup terpisah dari pergaulan dengan orang lain karena bergaul dan bermasyarakat, berteman dan bershahabat merupakan kebutuhan manusia normal dalam upaya mencerahkan dan memakmurkan bumi.

Dalam konsep Islam kedudukan laki-laki dan perempuan sama ditinjau dari sisi asal kejadian yang membedakan keduanya adalah taqwa kepada Allah. Allah berfirman :

”Hai manusia sesungguhnya kami ciptakan kamu laki-laki dan perempuan dan kami jadikan kamu bersuku-suku untuk saling mengenal, sesungguhnya yan paling mulia disisi Allah adalah yang paling taqwa diantara kamu, sesungguhnya Allah maha tahu”.

Dalam ayat yang lain Allah menjelaskan : ”Orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan dan sebagian mereka adalah penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyeru yang baik, melarang yang mungkar, mendirikan sholat, menunaikan zakat, taat kepada Allah dan Rasulnya”

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa wanita Islam adalah wanita yang mampu berperan dalam masyarakat dan aktif  dan selalu menjaga auratnya serta harga diri dan marwahnya. (Red/GG)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: