SUARA PERDAMAIAN DARI MEULABOH

“SHE LAGEE, give space for peace”

Teater Tari Kontemporer Aceh

Persembahan Komunitas Seni Damee Meulaboh dan SUNSPIRIT for justice and peace

Graha Bhakti Budaya, TIM, Jakarta, 8 dan 9 Juli, pkl. 20.00

 

Komunitas Seni Damee Meulaboh (KSDM) yang terdiri dari 40 orang seniman-seniwati tari, teater dan musik dari 20 kampung di Aceh Barat mempersembahkan teater tari kontemporer Aceh dengan tema perdamaian berjudul SHE LAGEE. Pertunjukan ini merupakan bagian dari usaha komunitas-komunitas di Aceh untuk membangun perdamaian setelah bertahun-tahun dilanda konflik.

 

Konsep Karya Tari She Lagee

SHE dalam bahasa Aceh berarti “geser” atau “menggeser”, maknanya adalah bergeser untuk memberikan tempat (bagi yang lain). SHE juga bisa bermakna transformasi dan regenerasi. LAGEE adalah style, gaya, perilaku, ragam, lagak.

Dari segi koreografi, SHE LAGEE adalah gaya atau bentuk tari yang memberi penekanan pada gaya bergeser. Tarian teater kontemporer ini di koreografikan oleh Asnawi Abdullah, koreografer jebolan Jurusan Tari Institut Kesenian Jakarta.

Pertunjukan Budaya SHE LAGEE hendak mempromosikan perilaku bergeser, kesediaan berubah, bertransformasi, beregenerasi untuk memberi tempat bagi orang lain, untuk memberikan ruang bagi perdamaian, agar sama-sama kita mendapat tempat sama dan sederajat dalam ranah kehidupan.

Kami mengartikan proses perdamaian sebagai proses saling memberi tempat bagi setiap orang dalam mengembangkan diri, kreativitas dan kehidupannya, baik tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan, orang kota maupun orang desa, pemimpin maupun rakyat. Dari perspektif SHE LAGEE, konflik dengan kekerasan atau ketidakadilan adalah akibat lagak menguasai, invasi, mengklaim, mendominasi, mengambil hak orang lain, menduduki tempat melebihi yang seharusnya, sehingga tidak ada lagi ruang kebersamaan. Lagak menguasai ini ada dalam hubungan interpersonal, dalam tata ekonomi dan dalam struktur politik.

Dalam tarian ini juga kami bawakan sebuah alat musik tabuh bernama Rapai Cebrek yang telah dikramatkan berusia 2 abad. Maestro Pewaris alat musik ini juga ikut tampil dalam pementasan ini.

Seni untuk Perdamaian

Tujuan pertunjukan ini adalah menciptakan ruang ekspresi bagi masyarakat korban konflik untuk mengungkapkan harapan mereka terkait dengan keberlanjutan perdamaian dan untuk mengingatkan semua pihak di negeri ini untuk sungguh-sungguh mewujudkan perdamaian dan keadilan di Aceh.

Komunitas Seni Damee Meulaboh merupakan komunitas seniman yang sepakat untuk mengembangkan kesenian untuk perdamaian Aceh. Bersama dengan Asnawi Abdullah dan Agus PMTOH, dan dengan dampingan LSM SUNSPIRIT, kelompok ini mengembangkan teater tari bertema perdamaian. Program ini merupakan bagian dari program peace building (pengembangan perdamaian) yang dimotori oleh LSM SUNSPIRIT for justice and peace.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: