ANAK MUDA ACEH BICARA DAMAI

Debate competition on Justice and Peace Education in Aceh: English Version

Apakah itu perdamaian? Bagaimana membangun perdamaian? Apakah perlu pendidikan perdamaian diadakan di sekolah? Mengapa perlu? Bagaimana cara pendidikan perdamaian diterapkan di sekolah? Bukankah tugas kita sebagai pelajar adalah belajar, lalu lulus ujian dengan prestasi yang se-tinggi-tingginya?

Bukankah perdamaian adalah urusan politik, dan politik tidak boleh masuk sekolah? Bukankah kita juga sudah memiliki banyak beban untuk belajar berbagai ilmu, untuk apa lagi ditambah pelajaran baru? Bukankah pelajaran pendidikan perdamaian hanya akan menyita waktu kita dan mengurangi prestasi sebagai siswa?

Demikianlah sebgaian pertanyaan yang terlontar dalam debat pendidikan perdamian antar SMA pada 2 Mei 2008, dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Debat tersebut berlangsung di Aula AKPER DINKES Suak Ribee Meulaboh yang diselengarakan oleh SUNSPIRIT for justice and peace.

Hadir sebagai sekolah peserta debat adalah SMAN I Meulaboh, SMAN I Bubon, MAN I, SMAN 2, SMK 2, SMAN 3, SMAN 4 Wira Bangsa dan SMK I Meulaboh. Di bawah tema besar ‘Pendidikan Perdamaian’, ke-8 sekolah peserta membahas tiga hal pokok, yakni 1) peran pelajar dalam membangun perdamaian di Aceh 2) pendidikan perdamaian sebaiknya dijadikan sebagai kurikulum resmi di semua sekolah di Aceh ,dan 3) bagaimana cara menciptakan sekolah yang damai.

“Debat yang kita selenggarakan bukan pertama-tama untuk meraih juara, tetapi untuk menemukan pandangan, menyamakan gagasan dan visi tentang perdamaian” demikian kata Ibu Tamara Soukotta, Peace & Justice Education Program Coordinator SUNSPIRIT for justice and peace dalam kata pembukaannya.”Sekarang saatnya anak muda berbicara damai”, tambahnya lebih lanjut.

Setelah melewati perdebatan yangalot, anggota dewan juri yang terdiri atas Sdr Cypri JPD, Bapak Imran Daoed, Bapak John P. Sinulingga dan Bapak M. Khadafi Bajerei memutuskan bahwa SMAN 4 Wira Bangsa keluar sebagai juara pertama, disusul SMAN 2 Meulaboh sebagai juara kedua. Sedangkan penghargaan khusus diberikan kepada peserta dari SMAN 1 Bubon.

Acara debat yang berlangsung sejak pagi hingga menjelang sore hari itu ditutup dengan penyerahan piala, sertifikat, dan foto bersama (GG)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: