Siaran Pers Kegiatan "Pesantren Perdamaian" di Kota Meulaboh

Meulaboh 8-17 September 2008

Dalam rangka mengisi bulan suci Ramahdan, dua Sekolah Menengah Atas di kota Meulaboh menyelenggarakan Pesantren kilat dengan tema Perdamaian. Kegiatan ini terhitung unik sebab selain mendalami nilai-nilai agama secara umum, para siswa mendapat kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan sosial terkait transformasi konflik dan membangun perdamaian dalam Islam.

Sekitar 70 siswa dari SMA Negeri I dan SMK Negeri II Meulaboh mengikuti kegiatan yang diselenggarakan tanggal 8-17 September ini. Para siswa terlibat aktif dalam proses belajar yang memang dirancang untuk partisipatif. Tema-tema pelajaran mencakup nilai-nilai perdamaian dalam Islam, analisa sosial, prinsip keadilan dan anti-kekerasan, keterampilan resolusi konflik secara damai.

Imran Daoed dari LSM SUNSPIRIT for justice and peace menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program pendidikan perdamaian yang diadakan SUNSPIRIT bersama dengan sekolah-sekolah mitra di Aceh Barat. “Kami berharap bahwa kegiatan ini dapat memperdalam iman dan meningkatkan keterampilan sosial para pelajar”.

Pernyataan yang senada disampaikan oleh Rusli, SpD, wakil kepala sekolah SMK 2 Meulaboh. “Kami menyambut baik kegiatan ini, karena bukan hanya menyangkut pengetahuan keagamaan tetapi juga perihal transformasi konflik.” Rulsi mengharapkan kegiatan ini dapat membentuk pribadi-pribadi yang mengerti nilai-nilai agama, bukan hanya dalam konsep tetapi dalam praktik hidup di tengah masyarakat.

Meulaboh, 12 September 2008
SUNSPIRIT, For Justice And Peace
Untuk konfrimasi
Krispi Bheda: 081387372048

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: