Belajar Bertani di Babul Mukarammah

pembersihan, mencangkul, pembuatan bedengan. Model yang diterapkan adalah kerja dalam kelompok masing-masing. Tujuannya agar petani memiliki keterampilan mengolah lahan.

Pengolahan tanah (bedeng): pembersihan, mencangkul, pembuatan bedengan. Model yang diterapkan adalah kerja dalam kelompok masing-masing. Tujuannya agar petani memiliki keterampilan mengolah lahan.

Pelatihan pertanian organik santri dan masyarakat di sekitar Pesantren Babul Mukarammah, Beutong Ateuh, Nagan Raya telah dilakukan. Pelatihan berlangsung selama 4 hari terhitung 9 sampai 12 Agustus 2008. Hanya 22 peserta aktif tercatat sebagai anggota dalam pelatihan tersebut.

Pelatihan dipandu oleh pelatih yang didatangkan dari Bogor, staf dari PKKMP, Bapak Karno yang dibantu oleh pelatih dari SUNSPIRIT, Bapak Tomy dan Jarwani. Materi yang berhasil dipresentasikan meliputi: Pengantar Pertanian Organik, Pembuatan Pupuk Organik (padat dan cair), Pengolahan Tanah, Persemaian dan Penanaman, Pengenalan Hama dan Penyakit Tanaman, Pestisida Organik, Perawatan Tanaman, Penataan Kebun, Pemanenan, Penanganan Pascapanen.

Materi pelatihan yang diterapkan tidak berupa pemaparan konsep semata-mata, atau dengan kata lain pelatih menjelaskan dan perserta mendengarkan kemudian mencatat, lantas dipraktekkan di kemudian hari.

Pak Karno (jongkok) sedang menjelaskan kepada peserta tentang proses persemaian. Perihal mengapa disemaikan? Apa yang bisa ditanam lansung? (cabe, tomat, sawi, terong, bunga kol) dan tanam langsung (jagung, kacang panjang, ketimun, melon, semangka, labu siang); satu kelompok jenis tanaman Tujuannya agar petani memiliki kemampuan tekhnis persemaian berbagai macam benih

Persemaian: Pak Karno (jongkok) sedang menjelaskan kepada peserta tentang proses persemaian. Perihal mengapa disemaikan? Apa yang bisa ditanam lansung? (cabe, tomat, sawi, terong, bunga kol) dan tanam langsung (jagung, kacang panjang, ketimun, melon, semangka, labu siang); satu kelompok jenis tanaman Tujuannya agar petani memiliki kemampuan tekhnis persemaian berbagai macam benih

Tetapi justru sebaliknya model yang diterapkan dalam pelatihan tersebut adalah penerapan konsep dalam tindakan langsung. Peserta diajak langsung ke tengah lahan, mengenali tanah, mengolah, menanam, mengenali hama dan membasminya.

Peserta diajari pula berbagai cara dan teknik praktis dan siap guna mulai dari pengolahan tanah sampai penanganan pascapanen, juga termasuk berbagai teknik pembuatan pupuk organik baik padat maupun cair.

Hasil evalausi akhir pelatihan memperlihatkan, terdapat sejumlah peserta telah mampu menjelaskan materi yang sama kepada peserta lain. Hal ini menunjukkan bahwa selain peserta mampu menangkap materi yang diberikan, juga karena materi dan model yang diberikan sangat tepat dan menjawab kebutuhan real peserta pelatihan.

Penanaman dan pemeliharaan tanaman. Peserta pelatihan menaburkan benih tanaman di atas lahan yang sudah diolah. Mereka diberi kesempatan untuk menerapkan ilmu yang telah mereka peroleh selama proses pelatihan.

Penanaman dan pemeliharaan tanaman. Peserta pelatihan menaburkan benih tanaman di atas lahan yang sudah diolah. Mereka diberi kesempatan untuk menerapkan ilmu yang telah mereka peroleh selama proses pelatihan.

Ke depannya, sejumlah rencana tindak lanjut telah dirumuskan: pembentukan kelompok, perencanaan usaha masing-masing anggota, dan sistem monitoring yang diterapkan SUNSPIRIT bersama Pimpinan Pesantren terhadap kinerja anggota maupun perkembangan program. Pendampingan berkelanjutan diharapkan dapat menjadi momen evaluasi yang tepat untuk mengkur keberhasilan kegiatan pelatihan tersebut.

Salah satu indikasi untuk mengukur keberhasilannya dalah menilai bahwa banya peserta yang menerapkan dan mengembangkan usahanya dengan baik yang berhak terlibat dalam pendampingan selanjutnya. Secara keseluruhan hasil evaluasi ini menunjukkan, pelatihan ini berjalan dengan baik. (Red/GG)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: