Setelah Yuli Bertemu SAKINAH

Kapan kami ke Aloe Bungkoh?” Pertanyaan itu terlontar dari mulut Bu Zaitun, ketua Jaringan Perempuan SAKINAH, beberapa saat setelah berakhirnya masa waktu kunjungan Yuli, staff pemberdayaan perempuan Komite Aloe Bungkoh ke Bubon dan Woyla. Kunjungan yang begitu singkat tetapi membekas dalam ingatan kelompok jaringan perempuan SAKINAH. Karena dalam kunjungan seminggu tersebut, anggota kelompok Jaringan dapat saling belajar, berbagi pengalaman, melihat kekuarangan dan kelebihannya sendiri. 

Terlepas dari kunjungan Yuli adalah untuk melihat secara lebih dekat rutinitas komunitas dampingan dan mencoba belajar dari SAKINAH, anggota Jaringan SAKINAH pun mendapat hikmah tersendiri. Yakni mereka mendapat kekuatan, semangat dan motivasi untuk terus berusaha membangun diri dan gampoeng-nya. Karena kunjungan Yuli persis ketika jaringan SAKINAH sedang mempersiapkan diri menuju pembentukan koperasi legal.

Sepanjang bulan Mei dan Juni, aktivitas anggota Jaringan SAKINAH terlihat sangat padat. Persiapan untuk mendapatkan lisensi dari dinas kesehatan atas kelayakan memenuhi standar kesehatan atas produk home industry dan persiapan membentuk koperasi legal ternyata tidak mudah. Berbagai persiapan baik secara administrative, struktur keorganisasian, kapasitas tim terus diupayakan untuk dibenahi.

“Kita menargetkan agar pada akhir Juli atau awal Agustus, izin dari dinas kesehatan  untuk hasil produksi kita dapat segera keluar” demikian kata Bu Zaitun. Hal yang sama disampaikan Jarwani, staff pemberdayaan Perempuan yang secara rutin mendampingi Jaringan Perempuan SAKINAH “Karena jika izin dari dinas kesehatan itu keluar, maka pembentukan koperasi legal bagi kelompok jaringan perempuan SAKINAH menjadi lebih mudah. Sebab, salah satu syarat pembentukan koperasi legal adalah melihat jenis usaha dan keseriusannya” Jelasnya.

(Jarwani/Komkit)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: