Mewujudkan Kepemimpinan Partisipatif

Pelatihan CEFIL (Civic Education For Future Indonesian Leaders Training) yang diselenggarakan oleh Lembaga SATUNAMA yang bekerja sama dengan Lembaga Internasional KONRAD ADENAUER STIFTUNG, pada tanggal 13-18 July 2009 merupakan suatu pelatihatan tingkat dasar atau Basic Level. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada calon-calon pemimpin masyarakat sipil agar mampu manjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan tuntutan masyarakat dan kebutuhan masyarakat.

 Dalam situasi ini para pemimpin dituntut untuk menjadi lebih demokratis, transparan dan lebih bersifat partisipatif dalam menjalankan tugasnya. Tujuan dari pelatihan ini adalah menciptakan pemimpin masyarakat sipil yang mampu mendorong  Setelah mengikuti pelatihan selama seminggu, dan memperoleh pengalaman yang cukup, dapat dirangkumkan beberapa hal yang dapat diterapkan untuk mendukung program pemberdayaan masyarakat di Laktutus.

 Mengembangkan system kepemimpinan yang partisipatif (inti dari demokrasi), dimana pemimpin yang partisipatif harus mampu merumuskan apa yang akan dilakukan bersama masyarakat, bergerak bersama masyarakat, dan maju bersama masyarakat yang didampingi.

 Membantu mendorong usaha untuk meningkatkan kemandirian masyarakat. Dengan kepemimpinan yang partisipatif masyarakat harus dilibatkan sejak penemuan ide/gagasan, implementasi, sampai pada usaha-usaha mandiri setelahnya. Masyarakat diajak untuk memunculkan rasa tanggung jawab, rasa memiliki, dan dengan itu menjamin dampak jangka panjang dari suatu program/kegiatan.

 Dalam interaksi dengan masyarakat atau kelompok lain perlu adanya kemampuan untuk menganalisa kebutuhan dan persoalan masyarakat. Serta punya kemampuan untuk memfasilitasi proses mencari jalan keluar bersama. Hal ini merupakan inti dari kepemimpinan di tengah komunitas.

 Aspek yang paling penting adalah menerapkan Analisis Sosial yaitu: kemampuan untuk memfasilitasi, dan kemampuan untuk memobilisasi kegiatan/gerakan bersama. Caranya adalah dengan melibatkan diri dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan tugas dan peran kita masing-masing.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: