Pertemuan Kampung (Tur Hamutuk*)

KOMUNITAS BAKU PEDULI adalah jejaring individu dan organisasi yang menjadi penyandang dana beasiswa publik ini baik.. Setiap anggota Komunitas akan mendapat laporan rutin mengenai perkembangan para peserta beawiswa dan pengelolaan dana. Selain itu pihak pengelola beasiswa akan memfasilitasi interaksi yang intens antara sesama anggota komunitas dan antara anggota komunitas dengan peserta beasiswa. Cara bergabung dengan Komunitas Baku Peduli: Hubungi pihak pengelola untuk mencatatkan diri dalam database anggota. Anda akan mendapatkan nomor keanggotaan dan mendapat surat resmi Pilih salah satu bentuk partisipasi. Untuk kontribusi rutin: tentukan jumlah unit dan berapa bulan Saudara/I hendak berkomitmen untuk berkontribusi. Untuk kontribusi dalam bentuk barang (buku, komputer, sepeda, dll), mohon koordinasikan lebih dahulu dengan pihak pengelola agar sesuai dengan kebutuhan. Transferkan kontribusi Anda secara langsung ke Rekening Beasiswa Baku Peduli, atas nama Universitas Sanata Dharma Bentuk Dukungan Kita Alternatif 1: Partisipasi Rutin sebesar Rp. 50,000/unit/bulan. Alternatif 2: Partisipasi Insidental Alternatif 3: Menjadi Relawan untuk memberikan pendampingan dan pendidikan plus bagi peserta beasiswa di kota studi. Alternatif 4: Sumbangan barang kebutuhan seperti sepeda, komputer, buku-buku, dll. Rekening Beasiswa Baku Peduli (Baku Peduli Bank Account Detail) Bank Name: BRI (Bank Rakyat Indonesia) Adress : Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Account Number: 1383-01-000020-50-8 Account Holder: Universitas Sanata Dharma Please inform us via email/sms/facebookafter each transfer, so your donation will be listed in http://bakupeduli.wordpress.com Dibutuhkan: Focal Point dan Promotor Baku Peduli Selain memberi kontribusi Rp. 50,000/bulan/unit, Saudara-saudari dapat terlibat dalam Program Beasiswa Baku Peduli dengan menjadi Focal Point atau Promotor Baku Peduli. Bagaimana cara menjadi Focal Point dan Promotor Baku Peduli? Pilihlah wilayah tanggung jawab Saudara-saudari: kampung/kawasan/kota/kabupaten/provinsi/negara, sesuai dengan jejaring relasi dan daya jangkau yang dimiliki. Beritahukan pihak pengelola Beasiswa Baku Peduli lewat email bakupeduli@gmail.com tentang identitas dan wilayah kerja yang Saudara-saudari pilih. Apa yang perlu Anda kerjakan sebagai focal point dan promotor Baku Peduli? SAudara-saudari diharapkan mempromosikan beasiswa ini kepada berbagai pihak yang menurut Anda mungkin akan peduli dengan pendidikan untuk keadilan sosial di Indonesia Timur menyebarluaskan brosur dan informasi lain tentang Baku Peduli menjalin komunikasi antara anggota para pendukung Baku Peduli di lingkungan Anda sampai terbentuk Komunitas Baku Peduli setempat Apa Yang akan Anda Dapatkan? Saudara-saudari akan mendapat ucapan terima kasih dan doa dari kita semua!

Pada tanggal 27 Januari 2010, di teras Paroki Laktutus diadakan pertemuan kampung yang dihadiri oleh unsur pemerintahan kampung, mulai Ketua RT, Kepala Dusun, Sekretaris Kampung dan Kepala Kampung, ditambah dengan beberapa organisasi yang ada di Kampung Foho Eka, seperti Dewan Paroki, Pastor Paroki Laktutus , Mudika (OMK), Pamong Adat, Pejabat Puskesmas Laktutus dan kelompok dampingan Sunspirit (kelompok tani dan kelompok tenun) yang tergabung dalam Ordo Ketiga Fransiskan (OFS). Selain itu ada beberapa tokoh masyarakat (tokoh pendidikan, tokoh pemuda) yang diundang untuk hadir dalam Tur Hamutuk kampung tersebut.

Adapun agenda dari tur hamutuk tersebut adalah untuk sosialisasi program-program Sunspirit yang telah dan sedang dalam pelaksanaan dan sosialisasi program-program Sunspirit untuk tahun 2010, sekaligus untuk mengetahui tanggapan dari masyarakat kampung terhadap program yang telah dilakukan.

Pembukaan pertemuan dilakukan oleh Pater Saver yang diawali dengan doa dan dilanjutkan dengan menjelaskan maksud dan tujuan dari tur hamutuk tersebut. Kemudian dilanjutkan penjelasan tentang program-program yang telah dan sedang dilakukan oleh Tommy. Secara singkat ada beberapa program yang telah berjalan, antara lain kebun contoh dan biogas yang sedang dalam tahap penyelesaian, Program Air yang sempat terhenti karena adanya kesalahan teknis dalam pembuatan bak penampung yang terlalu besar. Kemudian Program Penanggulangan gizi buruk pada balita yang belum terlaksana karena lambatnya data yang dikeluarkan oleh pihak dinas kesehatan. Kelompok kerajinan kain tenun yang hasilnya sudah sampai ke Yogyakarta dan saat ini mencoba untuk menembus pasar Bali. Dari semua program 2009 memang ada yang telah berhasil dilaksanakan dan ada pula yang dalam penyelesaian tetapi ada pula yang belum dilaksanakan, demikian Tommy menutup penjelasannya. Selanjutnya adalah penjelasan Pater Saver tentang Program Baku Peduli yang mana telah mengirimkan 10 putra-putri Laktutus untuk melanjutkan kuliah ke jenjang perguruan tinggi di Universitas Sanata Darma Yogyayakarta. Program Baku Peduli ini merupakan hasil kerjasama antara Sunspirit dan Sanata Darma, dimana pendanaannya 50% ditanggung oleh pihak Universitas Sanata Darma dan 50% lagi dicari melalui sumbangan orang-orang yang peduli akan pendidikan, demikian penjelasan Pater Saver tentang Program Baku Peduli.

Agenda berikutnya adalah sosialisasi tentang program-program Sunspirit yang akan dilakukan pada tahun 2010. Penjelasan ini dilakukan oleh John. Dimulai dengan perkenalan diri dan dilanjutkan dengan mengajak para peserta pertemuan berdialog tentang Kampung Foho Eka saat ini dan apa yang dicita-citakan oleh masyarakat Foho Eka 3 – 5 tahun ke depan. Harapannya dengan melihat potret kampung saat ini peserta dapat membuat sebuah potret baru kampung Foho Eka ke depan. Dari hasil dialog tersebut terungkap beberapa cita-cita, antara lain; peningkatan SDM masyarakat, bertambahnya jumlah ternak masyarakat, meningkatnya mutu pendidikan dan jumlah tenaga pengajar, berkurangnya kasus gizi buruk, meningkatnya taraf angka kesehatan masyarakat, meningkatnya pengetahuan/skill bagi pemuda, masyarakat memiliki jamban yang layak, adanya sumber air bersih, meningkatnya hasil pertanian, adanya penerangan (listrik), Laktutus menghijau (penghijauan), penertiban/pengandangan hewan piaraan, pembinaan generasi muda dengan/melalui asrama, adanya teras di masing-masing kebun petani.

Namun pertanyaan yang muncul kemudian adalah siapa yang akan mewujudkan cita-cita tersebut? Jawaban dari peserta pertemuan adalah Gereja, pemerintah dan masyarakat. Semua jawaban adalah benar, namun pelaku utama untuk mewujudkan cita-cita tersebut adalah masyarakat sendiri yang ingin melakukan perubahan pada dirinya dan kampungnya. Ketiga pihak, pemerintah, gereja dan masyarakat akan bahu-membahu untuk mewujudkan semua cita-cita tersebut. Kemudian setelah berdialog, John memaparkan program-program apa saja yang akan dilaksanakan pada tahun 2010 ini. Adapun program itu antara lain; PRA (kajian desa partisipatif ) yang nantinya akan bermuara pada sebuah perencanaan desa, Kesehatan (peningkatan gizi berbasis makanan lokal, penyuluhan kesehatan dan pemanfaatan lahan pekarangan), Pertanian organik, Biogas, Air, Tenun, Baku Peduli dan pendampingan kaum muda (OMK).

Selanjutnya Pater Saver menambahkan bahwa cita-cita tersebut tidak pula serta merta akan terwujud, namun selangkah demi selangkah akan terrealisasi seiring proses yang berjalan dan adanya keinginan kaut untuk menwujudkannya . Pater Saver mengajak semua peserta pertemuan tersebut untuk terus memelihara cita-cita tersebut dan sekaligus melakukan kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada terwujudnya impian/cita-cita tersebut.

Di akhir tur hamutuk tersebut Pastor Paroki memberi peneguhan bahwa keberadaan Sunspirit tidak akan berarti jika masyarakat desa tidak mau berperan aktif dan mengambil peran dalam mewujudkan impian/cita-cita tersebut. Kemudian tur hamutuk ditutup dengan doa dan berkat dari Pastor Paroki.

Team Sunspirit Timor

Catatan*; tur hamatuk terdiri dari dua kata, tur artinya duduk dan hamutuk artinya bersama. Kalau diartikan secara langsung artinya duduk bersama, pertemuan atau musyawarah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: