Rancang Bangun Pembangunan

*) Oleh Kris Bheda Somerpes

Berproses bersama komunitas atau masyarakat menuju kemandirian dan kedaulatan – dimana komunitas menentukan nasibnya sendiri dari mana dan ke mana pembangunan itu diarahkan setelah menimbang dan melihat potensi, kekuatan, kemampuan dan kesanggupan, resiko atau tantangan juga peluang mereka – merupakan tujuan mendasar dan utama bagi lembaga atau orang pribadi mana pun yang concern dalam membangun komunitas atau masyarakat.

Ada tiga pengandaian dasar yang memungkinkan proses pembangunan berciri di atas dapat berhasil. Pertama-tama tujuan harus benar-benar menjawab kebutuhan dasariah komunitas atau masyarakat. Dan kebutuhan akan perubahan ke arah yang lebih baik itu tidak hanya menyoal satu hal tetapi mencakup semua hal: ekonomi, social, politik, budaya, pendidikan dan agama.

Sebagai suatu sistem, suatu komunitas atau masyarakat adalah ‘suatu tubuh’. Lantaran merupakan ‘tubuh’ berbagai aspek pembangunan dalam masyarakat memiliki jejaring dan mata rantai yang antara satu dan lainnya saling menguatkan. Tujuan pembangunan yang dilihat secara komprehensif berdasarkan kebutuhan komunitas itu sendiri merupakan hal yang pertama dan utama jika kita hendak berproses bersama komunitas atau masyarakat menuju kemandirian dan kedaulatan.

.

Berangkat dari tujuan di atas komunitas atau masyarakat sesungguhnya merupakan pelaku pembangunan itu sendiri. Komunitas secara bersama-sama tidak hanya berjalan bersama mewujudkan tujuan, tetapi juga menemukan dan merancang program pembangunan tersebut. Inilah hakikat pemberdayaan masyarakat, dimana komunitas atau masyarakat mengembangkan kemampuan mereka sendiri agar berdaya dan dapat berdiri sendiri untuk mengatasi masalah mereka sendiri. Meletakkan komunitas sebagai pelaku aktif pembangunan merupakan pengandaian yang kedua jika hendak berproses bersama komunitas atau masyarakat.

Pengandaian ketiga adalah kita, sebagai lembaga atau orang pribadi yang concern, harus turut ambil bagian dan berperan serta dalam proses tersebut. Terlibat dan melibatkan diri dalam dan di tengah komunitas atau masyarakat merupakan gagasan kunci bagi setiap lembaga atau orang pribadi yang concern berperan membangun komunitas atau masyarakat. Kita tidak hanya hadir, tetapi juga ada bersama. Dalam ‘ada bersama’ tersebut kita harus mengambil peran ganda. Selain menjadi bagian dari komunitas karena keterlibatan kita. Juga, dalam keterlibatan kita harus bisa hadir menjadi ‘vitamin’ yang memampukan oragnisme sel-sel hidup dalam tubuh social masyarakat atau komunitas tetap hidup, tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa merusak jaringan system yang ada.

Dalam kerangka berpikir di atas arah program pembangunan digariskan. Dan hal tersebut harus menjadi perhatian serius bagi setiap lembaga, baik lembaga swadaya masyarakat maupun Negara jika hendak berproses bersama komunitas atau masyarakat mewujudkan kedaulatan dan kemandirian dalam berbagai sektor kehidupan. Kecenderungan untuk menjadikan komunitas atau masyarakat sebagai objek pembangunan harus diganti. Kebiasaan dan pembiasaan menjadikan komunitas sebagai sasaran ‘hibah’ modal-material, kerangka dan gagasan untuk dan atas nama pembangunan harus direvisi. Bahkan pola intervensi pembangunan yang melulu menggeneralisir tujuan, kerangka dan strategi untuk semua tempat, masyarakat atau komunitas atas nama kesejahteraan, pengentasan kemiskinan harus ditinjau kembali secara cermat dan bijak.

Arah pembangunan harus bergerak dari bawah, dari komunitas itu sendiri, untuk semua dan dalam segala aspek kehidupan. Lembaga, baik pemerintah (Negara) maupun kembaga swadaya masyarakat fungsinya adalah pelengkap dan penyerta yang turut ambil bagian dalam kebutuhan-kebutuhan dan harapan-harapan komunitas, bukan sebaliknya sebagai ‘pemaksa’ yang dengan semena-mena menentukan proyek dan anggaran sehingga akhirnya terbukti tidak tepat sasaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: